Breaking News
Loading...

Recent Posts

Friday, April 24, 2015

Cara Menghilangkan Rasa Capek Sehabis Kerja Secara Alami

Capek adalah rasa di mana badan terasa lemas dan pegal pegal akibat dari proses tubuh setelah bekerja dan melakukan aktifitas. Rasa capek ini sering di derita oleh semua manusia setelah selesai kerja dan beraktifitas. Capek merupakan proses alami yang di alami tubuh untuk memberikan sesnsor dan tanda bahwa tubuh dalam keadaan perlu di istirahatkan.

Untuk mengatasi rasa capek ada banyak langkah yang bisa di lakukan di antaranya:

  • Segera mandi setelah kerja atau beraktifitas

Dengan  cara mandi ,asam laktat yang menempel pada tubuh bisa larut dengan air. Asam laktat inilah yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah capek , sebagai reaksi dari aktifitas tubuh. Asam laktat ini keluar bersama dengan keringat sewaktu tubuh panas akibat proses metabolisme tubuh dan aktifitas  tubuh.

  • Ketika sedang berbaring tekuk kaki menghadap ke atas sambil menempel dinding
Dengan langkah ini peredaran darah akan menjadi lancar kembali karena perbedaan tekanan antara kaki dan jantung yang disebabkan tarikan grafitasi bumi. Dengan membiasakan menekuk kaki ke atas ketika sedang berbaring akan membantu tubuh relaksasi sehingga tubuh terasa nyaman dan santai. Cara ini bisa dilakukan selama 10 menit ketika sedang berbaring.
  • Banyak mengkonsumsi air putih dan makanan bergizi
Air putih adalah senyawa yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan dan reaksi yang ada di dalam tubuh. Dengan menkonsumsi air secara cukup metabolisme tubuh akan menjadi lancar dan teratur, sehingga peredaran darah yang mengalirkan sari sari makanan ke seluruh tubuh bisa menjadi lancar. Penyaluran sari sari makanan ke seluruh tubuh dengan lancar akan memperbaiki sel sel sel tubuh yang rusak. Sel sel tubuh yang sehat dan prima akan membantu proses penyegaran tubuh dengn cepat
  • Olah raga dengan teratur
Olah raga yang teratur adalah langkah preventif agar peredaran darah menjadi lancar. Ketika peredaran darah lancar dan teratur maka proses penyegaran tubuh ketika capek akan lebih mudah dibandingkan dengan peredaran darah yang tidak lancar
  • Istirahat yang cukup
Obat yang paling manjur untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah dan capek adalah istirahat dengan cukup yaitu tidur. Dengan tidur yang cukup proses regenerasi sel dan pemulihan kondisi tubuh yang capek akan bisa cepat terlaksana. Karena tidur adalah aktifitas istrahat organ tubuh secara total .Dengan tidur denyut jantung akan bisa pelan dan teratur .

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top