Breaking News
Loading...

Recent Posts

Thursday, May 7, 2015

Memulai Usaha Baru Setelah Resign dari Perusahaan

Memulai usaha adalah langkah awal yang sangat di takuti para pemula usaha. Bayang bayang hitam kegagalan akan selalu menghantui dan mengancam. Begitulah yang ada dalam bayangan para pemula usaha. Memulai usaha baru merupakan langkah yang harus di awali para pelaku usaha untuk bisa memiliki usaha yang bisa mencukupi kebutuhan dan juga meningkatkan taraf hidup yang layak dan berkecukupan.

memulai usaha baruDalam memulai usaha seorang pemula harus melalui tahap tahap awal yang cukup berat , diantaranya melepaskan diri dari zona nyaman setelah ikut bekerja di perusahaan orang yang cuma kerja lalu dapat gaji tanpa harus mikir inovasi dan juga masalah managemant dalam berusaha di perusahaan.Tahap untuk memiliki suatu usaha sendiri para pemula harus menanggalkan semua ketakutan, kekhawatiran dan juga melepas rasa rendah diri serta rasa bayang bayang kegagalan.

Berikut ini adalah adalah cara memulai usaha bagi para mantan karyawan setelah resign dari perusahaan orang:

  • Persiapan/ Perencanaan
Sebelum memulai suatu usaha ,maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah  merencanakan usaha apa yang akan di geluti . Karena dengan adanya perencanaan semua cita cita akan tergambar jelas , dan ketika terjadi kegagalan terhadap perencanaan maka akan mempunyai plan / perencanaan yang lain. Persiapan bidang apa yang akan digeluti  ini di sesuaikan dengan kemampuan , bakat dan juga pengalaman. semakin sesuai bidang usaha dengan kempuan dan pengalaman maka akan semakin terbuka peluang untuk mendapatkan keberhasilan dalan usaha. Jadi jangan memutuskan untuk keluar / resign dari perusahaan dulu sebelum ada gambaran dan rencana yang jelas. Karena hal ini akan berakibat kesulitan keuangan dan pendapatan jika kita tidak cukup modal untuk usaha. Kecuali jika kita punya finansial yang sangat kuat kita bisa langsung keluar dari perusahaan tempat kita kerja tanpa ada perencanaan usaha terlebih dahulu.

  • Membangun mental untuk jadi usahawan
Mental ini sangat di perlukan ketika memulai usaha. Karena seorang usahawan harus mempunyai mental yang kuat dan tahan banting terhadap segala resiko dan persaingan daln usaha. Usahakan membuang semua bayangan hitam tentang kegagalan . berpikirlah positif bahwa kita BISA. Berpikir positif akan menjadikan kita memiliki langkah langkah positif untuk mewujudkan keberhasilan usaha.

  • Mempersiapkan Modal
Dalam memulai usaha hal yang penting yang harus disiapkan adalah permodalan. Usaha tanpa modal adalah tidak mungkin. Modal yang di perlukan tidak harus dalam jumlah besar, modal yang kecilpun kita bisa menjalankan usaha dengan menggandeng pihak lain maka bisa di sebut kita menjalankan akad kerjasama . Atau apabila kekurangan modal kita bisa hutang kepada para pemilik modal. Sebuah usaha dilarang menggunakan yang bermodalkan HUTANG berbasis bunga atau riba. Karena riba ini menjadikan kita tidak tenang dalam berusaha dan lama lama usaha kita juga akan menjadi kolaps akibat hutang yang berbasis riba. Untuk mendapatkan modal yang bebas riba kita bisa melakukan kerjasama dengan pemilik modal . Modal ini berupa uang atau juga bisa modal barang. Lebih disarankan agar ketika kita hutang , kita melakukan hutang barang yang pembayarannya dengan jangka waktu tertentu. Hal ini lebih menguntungkan karena ketika kita berusaha ada ketenangan tanpa ada pinalti apabila terjadi keterlambatan pembayaran. Beda dengan ketika kita pinjam modal ke bank, pihak bank selain mengenakan tambahan bung/ riba, mereka juga akan mengenakan pinalti atau denda ketika kita mengalamai keterlambatan pembayaran utang.

  • Membaca situasi pasar dan peluang
Hal hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan dalam usaha adalah tepatnya pelaku usaha dalam membaca suatu peluang. Seorang usahawan sejati adalah usahawan yang bisa mendeteksi peluang usaha .Sebagai contoh sebelum orang mengenal aqua atau air dalam kemasan , seorang usahawan yang tepat dalam membaca peluang dan kesempatan mereka berinovasi menciptakan air dalam kemasan yang pada jamanya merupakan suatu hal yang aneh dan tak lazim. Tapi berkat kemampuan dia membaca peluang usaha,semua yang aneh dan tidak lazim tadi di uabah menjadi sesuatu yang menhasilkan uang milyaran rupiah.

  • Pantang menyerah
Seorang usahawan harus  mempunyai sikap  Pantang menyerah. Karena sikap inilah yang menjadikan usaha tidak bisa berjalan. Seorang usahawan yang sukses dulunya merupakan seseorang yang sering melakukan kegagalan , namun mereka selalu bangkit dan melawan kegagalan itu dengan pantang menyerah. Kegagalan merupakan persiapan usahawan  untuk meraih keberhasilan. Jadi jangan pantang menyerah apabila kita mengalami suatu kegagalan.

  • Berdoa
Berdoa merupakan sesuatu yang wajib kita lakukan karena sekuat apapun usaha kita apabila Allah tidak memberikan keberhasilan maka kesuksesan dalam berusaha tidak akan kita dapatkan.

1 komentar :

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami meminjamkan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat yang sangat rendah 2%.
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete

Back To Top