Breaking News
Loading...

Recent Posts

Friday, June 19, 2015

SAMBAL PECEL MADIUN MAKANAN KHAS KOTA MADIUN


sambal pecel madiun

Sambal Pecel Madiun adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota Madiun.Selain sambel Pecel Madiun juga memiliki makanan khas yang lain diantaranya Brem, Madu Mongso Lempeng.Sambel Pecel Madiun merupakan makanan khas yang berasal dari bahan baku kacang,cabe gula merah,daun jeruk dan bumbu bumbu yang lain.Penyajian sambel pecel madiun biasanya di sertai dengan rebusan daun sayur sayuran. Jika anda berkunjung ke kota Madiun serasa belum lengkap jika belum mencoba makanan khas kota Madiun ini dan juga membawa oleh oleh sambel pecel yang sudah di kemas cantik dengan ukuran dan kemasan tertentu.

Madiun adalah basis sambel pecel khas Madiun yang di kota ini  terdapat banyak  sentra pengrajin sambel pecel. Ada sangat banyak pengrajin sambel pecel yang ada di kota Madiun. Menurut Kepala Disperindag Kota Madiun, terdapat sekitar 900 an pengrajin sambal pecel yang saat ini berproduksi sambel pecel khas Madiun. Sebagian besar sambel pecel khas Madiun diproduksi untuk keperluan warung makan yang menyajikan menu Pecel Madiun dan sebagian kecil memproduksi sambel pecel Madiun untuk keperluan di jual dalam bentuk kemasan dengan ukuran tertentu.
sambel pecel madiun

Pengrajin sambel pecel Madiun yang memproduksi sambel pecel untuk dijual dalam bentuk kemasan ada sekitar 19 pengrajin, demikian yang dikatakan kepala Disperindag Kota Madiun. Untuk menjadikan kota Madiun sebagai kota Pecel maka Pemerintah kota Madiun memberikan pelatihan pelatihan kepada UMKM yang memproduksi sambel Pecel agar para pengrajin mempunyai standard dalam hal pengolahan, mutu produk dan kelayakan kemasan sambel pecel.Pelatihan pelatihan ini diharapkan bisa menjadikan Sambal Pecel Khas Madiun bisa di jadikan icon kota Madiun dan tidak di klaim sebagi kuliner yang berasl dari kota atau negara lain.

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top