Unordered List

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Pecelku.Com.....

16 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Terhits Dikunjungi

 Jawa Timur memiliki kekayaan alam dan juga tempat-tempat wisata yang indah serta layak untuk dikunjungi. Seperti yang ada di Batu, Banyuwangi, Surabaya, Madura dan tentu saja Madiun. Masing-masing wilayah ini memiliki ciri khas dari kondisi geografi yang dimilikinya. Juga dengan bagaimana tempat-tempat wisata tersebut dikelola. Bahkan beberapa daerah juga disebut dengan nama atau julukan tersendiri. Seperti Madiun yang dikatakan sebagai Kota Brem, Kota Budaya dan Kota Sastra.
Tiga julukan yang diberikan adalah bukti bahwa Madiun juga menjadi wilayah yang patut dikunjungi. Anda bisa melihat bagaimana keindahan alam yang bukan hanya menjadi monopoli di daerah pesisir Jawa atau pulau lain saja melainkan di Madiun, tempat wisata ini berpotensi besar.
Anda bisa menemukan wana wisata grape, monumen kresek, taman rekreasi umbul hingga air terjun banyulawe dong. Untuk menuju tempat-tempat wisata ini, berikut referensi dan lokasi objek wisata di Madiun yang bisa Anda kunjungi.
1. Waduk Kedungbrubus
Waduk Kedungbrubus
Lokasi: Area Perhutani, Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisata.pro
Menjadi sebuah bendungan yang dibangun tahun 2008, Waduk ini memang difungsikan untuk saluran irigasi. Tetapi seiring berjalannya waktu, Waduk juga menjadi objek wisata andalan dari warga sekitar. Tidak hanya piknik keluarga tetapi ada banyak fasilitas yang disediakan.
Bagi mereka yang suka memancing, Wadung Kebungbrubus menjadi spot pilihan. Juga dengan Anda yang ingin menu ikan bakar, Anda bisa berkunjung ke beberapa warung yang ada di sekitar waduk. Lokasinya berada di Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun.
2. Taman Rekreasi Wisata Umbul
Taman Rekreasi Wisata Umbul
Lokasi: Jl. Ngumbul, Umbul, Glonggong, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Sewadrone.id
Merupakan taman peninggalan di masa penjajahan Belanda, taman ini memiliki banyak objek menarik. Taman Rekreasi Wisata Umbul juga memiliki sumber air belerang yang hangat. Ada kebun binatang mini dan juga beberapa satwa di dalamnya. Tempat wisata di Madiun ini cukup populer dan menjadi destinasi hits.
Sala satu keunikan dari tempat wisata tersebut adalah adanya dua jurang yang mengapit dan diburu untuk dijadikan tempat berfoto. Lokasinya berada di Jalan Ngumbul, Golonggong. Liburan bisa semakin seru dan menyenangkan.
3. Monumen Kresek
Monumen Kresek
Lokasi: Kresek, Sewu, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Takaitu.id
Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar nama Monumen Kresek? Ternyata monumen ini dibangun sebagai bentuk peringatan karena kekejaman PKI di zaman dulu. Keganasan PKI sendiri menyebabkan banyak korban tewas dan dari prajurit TNI hingga warga desa.
Konon, dulunya monumen ini adalah rumah warga yang digunakan sebagai tempat pembantaian dari PKI. Ada sebuah prasasti yang berisi nama korban salah satunya adalah Kolonel Muladi. Lokasinya ada di Kresek, Wungu.
4. Dumilah Waterpark
Dumilah Waterpark
Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Endahsetia86.wordpress.com
Wisata Madiun berikutnya merupakan wisata atau tempat rekreasi yang banyak difavoritkan oleh warga Madiun. Di sini nanti para pengunjung bisa mencoba beberapa kegiatan seru. Misalnya seperti flying fox atau mini game. Ada juga fasilitas food court yang tersedia di lokasi wisata sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin berwisata kuliner.
Dumilah Waterpark berada di Jalan Slamet Riyadi 99, Klegen. Jam bukanya adalah mulai dari jam 07.00 hingga 19.00 WIB.
5. Taman Wisata Tirtoirmolo Waterpark
Taman Wisata Tirtoirmolo Waterpark
Lokasi: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Thegridevolution.wordpress.com
Tirtonirmolo Waterpark merupakan objek wisata air yang memiliki wahana cukup komplit. Mulai dari kolam renang seluncur, kolam renang laba-laba, kolam air mancur kabut hingga boom-boom boat. Tidak hanya permainan air saja, tetapi ada juga wahana becak family dan masih banyak lagi.
Lokasinya ada di Jalan Raya Ngawi, Madiun KM 7. Tarif yang dikenakan sebesar Rp. 12.500 hingga Rp. 15.000.
6. Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas
Lokasi: Waduk Widas, Setren, Pajaran, Kec. Saradan, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Beritamagetan.com
Waduk Bening Widas merupakan kunjungan tambahan yang bisa Anda temui di Madiun. Anda bisa hunting foto dan menikmati suasana sekitar. Ada kolam pemancingan, dermaga untuk berfoto hingga taman bermain untuk bercengkrama bersama keluarga.
Lokasinya di Dusun Petung, Desa Pajajaran. Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain di taman dan sekadar bersantai bersama dengan keluarga.
7. Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape
Lokasi: Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kec. Kare, Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Waa.atozviews.com
Wana wisata grape memiliki nuansa alam yang cukup menarik. Ada aliran sungai yang jernih dan segar yang membuat pengunjung jadi betah. Anda bisa melakukan hiking, bersepeda, camping atau bahkan panjat tebing.
Wana wisata grape ini berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Tepatnya berada di kaki gunung Wilis yang jaraknya sekitar 15 km dari kota Madiun. Luas lahan tempat tersebut sekitar 1,5 hektare.
8. Situs Nglambangan
Situs Nglambangan
Lokasi: Brubahan, Nglambangan, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Situs Nglambangan merupakan situs yang menjadi peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Ada banyak macam koleksi benda kuno yang bisa Anda temukan disini. Seperti artefak berupa lumbung, watu dakon hingga sendang dan pura Lembangsari.
Di lokasi ini sering diselenggarakan ritual adat setiap malam 1 suro. Lokasinya ada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu.
9. Sun City and Theme Park
Sun City and Theme Park
Lokasi: Jl. S. Parman No.2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Anantohermawan.blogspot.com
Objek wisata berikutnya adalah Sun City and Theme Park. Liburan di tempat ini tentu akan terasa menyenangkan setelah Anda berkeliling mall. Konsepnya cukup unik karena menggabungkan wahan waterpark dan theme park di satu lokasi.
Tepatnya berada di Jalan Letjen S Parman 8, Oro-oro Ombo Kartoharjo. Anda bisa mencoba permainan seperti adventure land, ocean walk, jelly fish dan aneka permainan lainnya.
10. Makam dan Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman
Lokasi: Jl. Kemiri No.46, Taman, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Beritalima.com
Setelah menikmati liburan yang seru, Anda bisa berziarah ke makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah. Beliau merupakan seorang ulama dari Banten yang mana Anda bisa menemukan latar bangunan masjid kuno juga disini.
Konon masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1745 silam. Lokasinya berada di Jalan Asahan Taman 47 Madiun.
11. Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun Krecekan Denu
Lokasi: Giringan, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com
Tempat wisata yang terbilang baru di Madiun adalah Air Terjun Krecekan Denu. Karena terbilang baru, Anda juga membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai di objek wisata ini. Namun selama perjalanan Anda tak perlu khawatir karena banyak pepohonan asir dan pemandangan indah.
Lokasinya ada di Desa Kepell atau 4 km dari Wana Wisata Grape. Untuk rutenya adalah jalan naik dan mengikuti jalan satu arah. Nanti Anda akan menemukan gapura bertuliskan air terjun krecekan Denu.
12. Gunung Wilis
Gunung Wilis
Lokasi: Tawang, Banaran, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Sobatmabar.blogspot.com
Mereka yang menyukai wisata mendaki gunung, objek yang satu ini rasanya merupakan pilihan tepat. meski dikenal dengan gunung yang tak terlalu tinggi, tetapi Gunung Wilis ini cukup menantang. Ada beberapa puncak dan jalur pendakian yang bisa dipilih.
Sebelum melakukan pendakian, jangan lupa untuk lapor ke petugas pos. Nantinya Anda akan menemukan pemandangan alam yang asri. Bahkan, Anda bisa menyusuri trek yang sudah disediakan. Lokasinya di Banaran, Pulung.
13. Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru
Lokasi: Branjang, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Bisniswisata.co.id
Masih dengan destinasi wisata yang segar, air terjun seweru ini menyajikan kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun. Ketinggiannya sekitar 400 mdpl dan banyak yang menyebut dengan nama Kedung Malam atau Seronfo.
Agar bisa mencapai air terjun seweru, Anda bisa menaiki motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 1 km. Letaknya di lereng Gunung Wilis. Meski cukup jauh, rasa lelah bisa terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya.
14. Air Terjun Banyulawe Dong
Air Terjun Banyulawe Dong
Lokasi: Gligi, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Andriantw1964.wordpress.com
Ada suasana dan panorama alam yang khas pegunungan. Anda bisa menikmati pemandangan di tempat ini. Objek wisatanya juga cukup ramai dan banyak warung kecil di sekitar air terjun. Tempatnya berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare. Tepatnya ada di kawasan lereng gunung wilis.
15. Air Terjun Kucur
Air Terjun Kucur
Lokasi: Pucang Sawit, Padas, Kec. Dagangan, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Paapaajalah.blogspot.com
Madiun memang terkenal dengan beberapa tempat wisata alam air terjun. Anda bisa lebih mudah datang ke tempat wisata ini karena banyak orang yang sudah mengenalnya. Namanya adalah air terjun kucur yang merupakan wisata buatan dari warga sekitar.
Tinggi air terjun sekitar 20 meter dan berada di Desa Padas, Kecamatan Dagangan. Tempat wisata tersebut juga dimanfaatkan sebagai sumber air ketika musim kemarau.
16. Gunung Kendil
Gunung Kendil
Lokasi: Area Sawah, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (tyo nugie)
Jika Anda pernah mengetahui bagaimana suasana di Santa Monica, los Angles, Anda bisa datang ke Gunung Kendil. Sebab, tempat wisata ini digadang-gadang mirip dengan yang ada di Los Angles. Dulu sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini adalah tempat latihan untuk militer. Tetapi sekarang telah dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang cukup menarik.
Ada beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, musholla, gazebo, rumah makan hingga kolam pemancingan. Siapa saja pasti akan betah ketika berada di tempat ini. Lokasinya ada di Area Sawah, Pilangrejo, Wungu. Jam bukanya adalah jam 07.00 hingga 18.00 WIB.
Sumber : Javatravel.net

Post a Comment

0 Comments