Unordered List

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Pecelku.Com.....

Mempertahankan Usaha UKM Di Tengah Gempuran Wabah Corona

Wabah Corona yang saat ini mewabah di seluruh dunia telah memporak porandakan berbagai sendi sendi ekonomi dunia. Berbagai dunia usaha telah terkena dampak atas penyebaran virus Covid 19 Corona yang penyebarannya sangat cepat dan masiv tersebut. Dunia usaha banyak yang gulung tikar dan merumahkan karyawannya akibat tidak adanya output atau penyerapan hasil produksi, sehingga hal itu mempengaruhi keuangan sebuah perusahaan. Selain itu dengan adanya peraturan yang mewajibkan seseorang harus menjaga jarak terhadap orang yang lain (social distancing) mengakibatkan perusahan juga harus mematuhi aturan itu sehingga potensi produksi menjadi tidak maksimal dan banyak perusahaan yang mengambil opsi merumahkan karyawan atau kerja dari rumah (work from home).

Untuk mensiasati adanya gempuran wabah melanda terhadap keberlangsungan dunia usaha disini akan kami paparkan aneka cara dan strategi agar dinia usaha bisa tetap berjalan dan minimal bisa mempertahankan keberlangsungan usaha agar bisa tetap survive, tanpa mengakibatkan gulung tikar (bangkrut). Berikut ini adalah cara cara dan strategi mempertahankan keberlangsungan usaha :

1. Efisiensi dalam berbagai hal

Efisiensi adalah salah satu langkah yang efektif untuk menangkal berbagai kebuntuan akibat perubahan secara drastis yang diakibatkan adanya pandemi Virus Corona . Efisiensi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya efisiensi dibidang produksi, pendistribusian barang dan efisiensi pada metode pemasarannya.

Sebagai contoh pada saat sebelum pandemi terjadi , distribusi dilakukan dengan cara manual (mendatangi lansung) custemer , dengan adanya wabah ini distribusi di ganti dengan cara memanfaatkan pihak ke 3 ( jasa logistic dan transportasi )

2. Efektif dalam produksi barang

Efektif disini diartikan bahwa barang yang diproduksi itu disesuaikan dengan jumlah yang benar benar dipesan oleh customer , sehingga tidak memproduksi barang untuk buffer stock . Dengan adanya efektifitas produksi , langkah ini bisa menjadi cara yang ampuh mempertahankan cash flow dan juga memberdayakan karyawan agar tidak sampai lama merumahkan atau bahkan memberhentikan mereka dari perusahaan kita. Tentu langkah langkah ketika kita memperkerjakan mereka di saat wabah tetap memperhatikan koridor perngamanan diri dan peraturan yang berlaku, agar penyebaran virus tidak sampai meluas .

3. Menciptakan aneka kreatifitas

Dalam menjaga keberlangsungan usaha dan mempertahankan aset usaha (termasuk karyawan) , kita sebagai pemilik usaha perlu membuat terobosan dalam hal kreatifitas dibidang usaha , agar tidak terjadi kejenuhan dan kebuntuan dalam mempertahankan keberlangsungan usaha yang kita rintis bertahun tahun. Jangan sampai  karena Pandemi Corona usaha kita menjadi hancur dan tidak bisa bangkit lagi karena sudah musnah semua sumber daya yang kita miliki.Salah satu kreativitas usaha disini adalah menciptakan produk yang sejalan dengan usaha yang kita geluti saat ini, dengan menyesuaikan tren yang terjadi. Misalnya usaha kita dibidang makanan A disaat wabah tidak laku karena jumlah pelanggan tidak lagi membeli, maka kita bisa menciptakan makanan B yang disaat wabah masih tetap mengkonsumsinya, dikarenakan social distancing. Contoh satu lagi misalnya kita bisa memberikan kemudahan pelanggan kita dengan cara fasiltias free delivery agar pelanggan kita masih tetap bisa menggunakan hasil produksi kita tanpa harus berdesakan ketika ingin mendapatkannya.

4. Amankan modal kita dengan cara menjauhi riba

Modal menjadi salah satu hal penting dalam bidang usaha. Ketika usaha yang kita dirikan dengan menafaatkan modal dari hasil riba , tentu hal ini akan menjadi masalah tersendiri terhadap usaha yang kita dirikan. Jumlah pendapatan yang kita dapatkan saat pandemi yang sangat menurun akan mengakibatkan kita tidak bisa menunaikan kewajiban kita terhadap cicilan pinjaman, apalagi pinjaman dari hasil ribawi.Lama kelamaan ketidak mampuan kita dalam menunaikan kewajiban pembayaran akan berimbas pada proses produksi , bahkan bisa mengakibatkan kejadian fatal adanya penyitaan terhadap aset usaha yang kita miliki. Untuk pembahasan tentang permodalan bebas riba insya Allah akan kita sajikan di bahasan berikutnya. Inti dari pembahasan maslah permodalan ini adalah, kita harus benar benar menjauhkan usaha kita dari modal yang berbasiskan riba. Sealian ini tidk berkah, riba bisa membuat kita seperti orang yang kesetanan, apalagi di tengah pandemi yang sangat melumpuhkan usaha kita.

5. Tetaplah menjaga doa

Doa adalah hal yang sangat dianjurkan agar setiap yang kita lakukan tetap dalam ridhoNYA. Tanpa doa usaha yang kita lakukan tidak akan menjadi berkah. Tahukah anda ? bahwa usaha yang kita dapat itu adalah sebagian kecil dari sebab di turunkannya rejeki kepada kita., sebagian besar sebab diturunkannya rizki kita adalah karena kehendakNYA. Oleh karena itu sudah selayaknya kita tetap melkukan aktifitas ini bagaimanapun kondisi kita, baik kita dalam kondisi susah atau dalam kondisi senang.

6. Menjaga semangat dan optimis

Sebuah hasil itu bisanya berbanding lurus denagan persepsi dan optimistis kita terhadap sebuah pekerjaan. bersangak baik terhadap pekerjaan yang kita lakukan itu akan berimbas kepada hasil yang baik pada sebuah usaha. Selain itu hal penting lainnya yang harus kita jaga adalah semangat kita dalam melakukan aktifits usaha. Tanpa semangat yang tinggi usaha yang kita bangun akan mudah roboh dan ambruk karena semangat adalah api yang bisa mengobarkan dan memanaskan jalannya usaha yang sedang kita lakukan


Demikian kiat kiat dalam menjaga usaha kita agar tetap bertahan di tengah mewabahnya sebuah virus , yang saat ini banyak merobohkan berbagai usaha dan aneka mata pencaharian lainnya. Tetaplah berfikir positif bahwa kita insya Allah mampu bertahan, dan semoga badai ini segera berlalu.

Oleh : Ibnu Usman  ( Pelaku UMKM)

Post a Comment

0 Comments